Pentas Karawitan Anak

 

        Pada 14 Mei 2023 pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Kebudayaan menggelar pentas karawitan anak di Goa Selarong. Acara tersebut digelar sebagai ajang menyemarakkan Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023. Pentas Karawitan Anak antara lain dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Bupati Bantul, dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul.

        Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Nugroho Eko Setyanto S.Sos, M.M. pada gelaran ini menampilkan karawitan anak dari Sanggar Omah Cangkem. Sanggar ini merupakan salah satu contoh sanggar yang dikelola dengan baik dan sistematis. Sanggar Omah Cangkem tidak hanya melatih dan mengenalkan budaya Jawa kepada para anggota sanggar, tetapi juga melatih orang-orang di luar sanggar.

        Sementara itu, menurut Bupati Bantul, Joko Purnomo, kegiatan pentas karawitan anak ini melibatkan para pelajar mulai dari jenjang SMA, SMP, SD, bahkan TK. Jika sejak dini anak-anak telah dikenalkan dengan alat musik dan budaya tradisional, maka nantinya tidak hanya menjadi generasi yang cerdas dan berakhlak mulia, namun juga akan dapat tercapai cita-citanya.

 

Sumber: https://indonesiakini.go.id/berita/9395669/pentas-karawitan-anak-meriahkan-perayaan-hardiknas-2023