Belanda Mengembalikan Benda Bersejarah Indonesia

Pada tanggal 10 Juli 2023 Belanda mengembalikan sejumlah benda bersejarah milik Indonesia. Acara penyerahan tersebut diselenggarakan di Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda. Dalam acara yang sama dilakukan juga penandatanganan dokumen Pengaturan Teknis dan Pengakuan Pengalihan Hak dari Kerajaan Belanda ke Republik Indonesia.

Setelah melalui serangkaian penelitian yang komprehensif dari para ahli, ada empat koleksi artefak yang akan dikembalikan ke Indonesia, yaitu 132 koleksi benda seni Bali Pita Maha, patung Singasari, pusaka kerajaan Lombok, dan keris Puputan Klungkung.

Sebanyak 132 koleksi benda seni Bali kelompok seni Pita Maha antara lain karya lukisan, ukiran kayu, benda-benda perak, dan tekstil. Ada juga patung arca yang berasal dari candi Singasari yaitu Durga, Mahakala, Nandishvara, dan Ganesha yang tersimpan di Museum Volkenkunde, Leiden. Selain itu, ada ratusan benda pusaka kerajaan Lombok yang tersimpan di Tropenmuseum dan keris Puputan dari kerajaan Klungkung, Bali yang tersimpan di Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda. Untuk lebih jelasnya simak video berikut.

Sumber: 

https://www.youtube.com/watch?v=kKT0qqhKMjo