Timnas Indonesia U-23 Lolos ke Piala Asia U-23 2024 di Qatar

        Pada 12 September 2023 diselenggarakan laga kedua Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 antara Indonesia melawan Turkmenistan di Stadion Manahan, Solo. Saat itu Timnas Indonesia U-23 memastikan diri ke Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Kepastian ini diperoleh setelah Timnas Indonesia memperoleh kemenangan 2-0 atas Turkmenistan. Tahukah kalian bagaimana jalannya pertandingan?

        Pada menit ke-10 Indonesia sempat membobol gawang Turkmenistan. Akan tetapi, hakim gari mengangkat bendera tanda offside kepada Pratama Arhan. Jika melihat tayangan ulang, saat menerima bola Pratama Arhan menunjukkan dalam posisi onside. Meskipun demikian, gol tetap diabaikan. Indonesia memperoleh kembali peluang emas pada menit ke-22, saat Pratama Arhan memberi lemparan ke dalam dan Rafael Struick mendapat bola ke kotak penalti dan menendangnya, tetapi bola masih bisa diblok Ahallyev Rustem.

        Akhirnya pada menit ke-43 gol tercipta, setelah Ivan Jenner melepaskan bola dengan tembakan jarak jauh dan masuk ke gawang Turkmenistan. Skor 1-0 untuk sementara Indonesia memimpin yang bertahan hingga turun minum babak pertama. Pada babak kedua Indonesia tidak mengendurkan serangannya. Ivan Jenner melakukan tendangan bebas kemudian ditanduk oleh Ilham Rio namun membentur mistar gawang Turkmenistan.

        Pada menit ke-69 Pratama Arhan memberi lemparan ke dalam dan Rafael Struick mendapat bola terus melakukan tembakan voli jarak dekat, namun bola masih bisa diblok oleh Ahallyev Rustem. Pada menit ke-92 saat memasuki injury time Indonesia menggandakan keunggulannya saat Pratama Arhan mencetak gol lewat bola tandukan ke gawang Turkmenistan sehingga Timnas Indonesia menang 2-0.

        Kemenangan ini memastikan Indonesia menjadi jawara Grup K dengan 6 poin. Dengan demikian, Pasukan Shin Tae-yong menyegel tiket ke Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung di Qatar. Menurut Presiden Jokowi, kemenangan Timnas Indonesia U-23 ini menjadi sejarah, karena sejak 2016 hingga sekarang belum pernah menang melawan Turkmenistan. Sementara itu, menurut Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, kita harus bangga dan senang karena ini menjadi sejarah Indonesia yang masuk kejuaraan U-23 AFC di Qatar. Untuk mengetahui kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Turkmenistan, kalian bisa menonton video berikut.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=HbUQfqtkuGw