Jogja Art + Books Festival di The Ratan

 

        Pada 29 April16 Mei 2023 Yayasan Seruang bersama Dinas Kebudayaan (Disbud) atau Kundha Kabudayan DIY menyelenggarakan Jogja Art + Books Festival yang pertama di The Ratan Jl. Ring Road Selatan No. 93, Glugo, Kalurahan Panggungharjo, Sewon, Bantul. Dalam ajang ini berbagai pelaku industri, seperti penerbit, penulis, editor, seniman, dan penggiat literasi dipertemukan.
        Ada berbagai macam acara dalam Jogja Art + Books Festival, seperti pameran seni rupa, seminar nasional, panggung literasi, dan pidato kebudayaan. Selain itu, dimeriahkan juga dengan adanya pentas musik The Sounds of Poetry yang menampilkan puluhan musikus, baik yang berskala lokal maupun nasional. 

Sumber: https://radarjogja.jawapos.com/jogja-raya/2023/05/02/ketika-literasi-bertemu-dengan-seni/  

        Pada pameran seni rupa Kutip Kitab menampilkan karyanya sejumlah perupa, di antaranya Agus Suwage, Arwin Hidayat, Dedi Sufriyadi, Restu Ratnaningtyas, Mella Jaarsma, dan Jumaldi Alfi. Sejak 30 April10 Mei 2023 digelar seminar dan bedah 14 buku. Kemudian, pada 29 April 4 Mei 2023 diadakan panggung literasi berupa bazar buku yang diikuti oleh ratusan penerbit dan puluhan ribu judul buku. Setelah itu, ada acara inti pada 2 Mei 2023 yaitu pidato kebudayaan yang dibacakan oleh sastrawan Seno Gumiro Ajidarma.